Sunday, June 9, 2013

Pemanfaatan Teknologi Komputer Sebagai Media Pembelajaran
Dewasa ini tidak bisa kita pungkiri bahwa komputer memiliki peran yang sangat besar dalam mempermudah aktivitas kita. Dalam kegiatan pembelajaran, komputer juga memiliki andil yang sangat besar sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung tanpa memandang tempat dan waktu. Menurut Briggs (1970), media merupakan alat untuk memberikan perangsang kepada siswa agar terjadi proses belajar. Sedangkan menurut Miarso (19989), media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan,perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar. Jadi dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran ini berperan sebagai suatu alat yang dapat membantu meningkatkan motivasi dan perhatian siswa untuk belajar serta bisa membuat kegiatan belajar mengajar lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan.
Berikut  merupakan pemanfaatan media pembelajaran menurut Kemp dan Dayton, 1985:

  1. Penyampain pesan pembelajaran dapat lebih terstandar.
  2. Pembelajaran dapat lebih menarik.
  3. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar.
  4. Waktu pembelajaran dapat lebih diperpendek.
  5. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.
  6. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapaun tanpa adanya batasan.
  7. Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan.
  8. Peran guru berubah kearah positif.

Cara pemanfaatan komputer secara efektif
Komputer akan memberi manfaat yang maksimal jika didesain dengan menciptakan lingkungan belajar yang dirancang dengan:

  1. Kolabortif; pembelajaran yang bersifat sosial, Hal iini dapat dilakukan dengan menciptakan pembelajaran untuk dua orang atau lebih.
  2. Bermain sambil belajar. Bermain meruapakan salah satu cara yang terbaik agar materi yang disampaikan tidak terasa membosankan.
  3. Menyediakan banyak pillihan. Gaya belajar yang didesain melalui program komputer menyediakan banyak pemilihan warna, materi, pemberian suara dengan mengggabungkan berbagai unsur sehingga dapat lebih menarik dalam penyajian materi.
  4. Pembuatan program pembelajaran harus berdasarkan hasil pengalaman nyata atau berdasarkan hasil penelitian. 
Dampak Positif Komputer Dalam Pembelajaran
  1. Memberikan rangsangan positif  dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Dengan adanya program- program tertentu yang telah didesain khusus untuk kegiatan pembelajaran.
  2. Komputer dapat dijadikan seperti kertas, pensil, buku dan lai- lain yang dapat menunjang proses pembelajaran.
  3. Dapat membantu pendidik untuk memotivasi dan mengakselerasi belajar siswa. 
Dampak Negatif Komputer Dalam Pembelajaran
  1. Komputer cenderung mengisolasi, karena seseorang hanya berinteraksi dengan mesin.
  2. Komputer cenderung membuat orang pasif secara fisik, karena pembelajaran cenderung bersifat verbal,,linear, rasionalistis dan hanya menekankan pada kerja otak.
  3. Komputer hanya cocok dengan satu gaya belajar, karena pembelajaran dengan bantuan komputer meruapakan pembelajaran yang pembuatannya diprogram.
  4. Komputer cenderung berdasar media dan bukan berdasar pengalaman.

Pada akhirnya peran orang tua dan juga pendidik sangat penting dalam mengawasi dan membimbing penggunaan komputer sebagai media pembelajaran sehingga informasi yang diperoleh oleh siswa dapat benar layak untuk mereka konsumsi.

Sumber:

Telaah Kritis Pemanfaatan Teknologi Komputer Dalam Pembelajaran. (Dani Hardianto)
Hakikat Media Dalam Pembelajaran


No comments:

Post a Comment